Powered By Blogger

Kamis, 22 Desember 2011

Al Qur’an merupakan salah satu mu’jizat yang turun kepada Muhammad SAW dan diwariskan kepada umatnya dan keasliannya akan terus terjaga sepanjang zaman. Allah SWT berfirman :
أُمْطِرَتْ مُوصٍ نَزَّلْنَا الأجْدَاثِ وَأَنْبَتْنَا لَهُ لأرَيْنَاكَهُمْ
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya(Al Hijr:9)

Qur’an memiliki banyak sekali kelebihan, selain itu Qur’an juga sangat bermanfaat bagi manusia. Orang yang sering membaca Qur’an akan sangat berbeda dengan orang yang jarang bahkan tidak pernah sama sekali membacanya. Itu baru sebatas membaca. Apalagi jika Qur’an tersebut dihafal, maka bi iznillah manfaatnya akan selalu menyertai orang yang menghafalkannya.

Kata kebanyakan orang, menghafal Qur’an adalah pekerjaan yang berat dan sulit. "Mana mungkin kitab setebal itu bisa masuk ke dalam otak." Dalih mereka,  adalah menghafal Al Qur’an merupakan pekerjaan yang sulit, mereka belum menyadari bahwa Allah SWT telah berfirman:
ولقد يسّرناالقرأن للذكرفهل من مدّكر 

Dan Sesungguhnya Telah kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran?(Al Qamar:17)

Bacalah sekali lagi! Sadarilah bahwa dalam hal ini Allah SWT sendirilah yang berfirman. Jika anda bertemu dengan orang yang beranggapan bahwa Qur’an sulit dihafal sodorkanlah ayat di atas. Jika mereka tetap ngeyel, jelaskanlah lebih detail dan mintalah orang tersebut untuk mencobanya. karena jika belum dicoba dari mana dia tahu bahwa manghafal qur’an itu sulit.
Walaupun demikian, jangan anda harap bahwa proses menghafal Qur’an lancar-lancar saja. Karena, ditengah menghafal Qur’an anda pasti akan menemukan kesulitan di beberapa tempat. Hai ini bertujuan agar kita lebih mendalami dan berkonsentrasi ke Qur’an, lebih banyak berinteraksi dengannya, dan secara otomatis jika kita ikhlas hanya untuk Allah SWT maka pahala kita juga akan bertambah.

Al Qur’an dapat melunakkan hati seseorang, menjadikan hati terasa tenang. Kebanyakan orang yang telah banyak menghafal Qur’an hatinya akan menjadi sangat lembut. Selain itu, menghafal Qur’an juga dapat menaikkan IQ seseorang. Sewaktu program kuliyatul qur’an wal hadits PPMI Assalaam study banding ke Ma’had "Isy Karima, kami diberi wejagan oleh ust.Syihab. Beliau adalah Mudir ma’had tahfidz "Isy Karima. Beliau menceritakan kepada kami bahwa beliau memiliki teman yang waktu kecilnya dia sangat bodoh. Hingga saat memasuki SMA dia bertekad bahwa walaupun bodoh dia harus memiliki kelebihan. Mulailah dia menghafal qur’an dan menyetorkannya secara sembunyi-sembunyi. Ternyata dia memiliki kelebihan dalam menghafal. Dalam 2 tahun dia bisa khatam. Saat dia mengadakan khataman, tetangganya di desa tidak percaya bahwa Yasir adalah Hafidz Quran. Setelah itu dia menyadati bahwa yang bodoh bukanlah dirinya, melainkan mentalnya. Setelah dia memasuki Perguruan Tinggi, dia mendebat dosen-dosennya dan dosennya tidak ada yang bisa melawannya. Akhirnya dia pada semester ke-5 sudah mengajar di Perguruan Tinggi. Itu adalah salah satu kisah yang menunjukkan bahwa menghafal Qur’an tidak akan menurunkan tingkat kecerdasan seseorang.
Menurut penelitian di Universitas Munich, Jerman. Menghafal qur’an dapat mengembangkan saraf otak.Selain itu, penghafal qur’an juga lebih sabar daripada orang yang tidak menghafal, karena untuk menghafal qur’an diperlukan kesabaran yang tinggi.
So, mulailah menghafal dari sekarang, tidak ada kata terlambat dalam menghafal Qur’an, dan jangan lupa untuk menyetorkan hafalan anda kepada ustadz guna menjaga keshohihan bacaan anda…

Jika Anda memiliki problem dalam menghafal silakan tulis di kolom komentar Insya Allah kami akan dengan senang hati membantu.                                                                                                                         
Sungguh, Al-Quran ini bukan sekadar dibaca dan dilagukan. Al-Quran ini sungguh luas manfaatnya; merentas aspek psikologi, kesihatan dan alam.
Untuk menjadi Brilliant Students; ingatan anda perlu kuat. Dan ingatan yang kuat memerlukan proses pembinaannya tersendiri. Ya, banyak cara boleh digunakan tetapi hari ini saya suka berkongsi satu lagi kaedah yang semestinya holistik dan efektif; menghafaz Al-Quran!
Ya, dengan menghafaz Al-Quran ingatan anda bakal menjadi lebih kukuh! Dengan menghafaz Al-Quran anda bakal memiliki memori yang cukup baik!
Biar betul? ..Betullah! Kajian telah menunjukkan mereka yang menghafaz Al-Quran memiliki otak yang kuat memorinya.

“Eh, kalau dok menghafal Al-Quran, macam mana  memori nak kuat. Memori dah terguna untuk hafal Al-Quran. Lagi sikit lah memori yang tinggal!”
Itulah logika manusia yang cukup terbatas. Al-Quran bukan buku tulisan Muhammad s.a.w.. Al-Quran ini kalam Allah dan mukjizat untuk Nabi tercinta. Istimewanya kitab suci ini sehinggakan anda bukan sekadar diberi ganjaran, kesihatan anda juga akan bertambah baik! Bukan sekadar rahsia sains dapat dibongkar, malah syaitan turut terusir mendengar alunannya. Al-Quran cukup istimewa!
Dan dengan menghafaz ayat-ayat suci ini, otak akan semakin hebat! Kenapa ye? Sebab mereka yang membaca dan menghafaz Al-Quran ini, otak mereka telah mengalami latihan praktikal yang cukup hebat!
Apabila dibaca dengan betul tajwid dan makhrajnya, otak akan pantas berfikir bagi memastikan lidah dan bibir mengeluarkan bunyi yang sepatutnya.
Apabila dihafal dengan sebaiknya, otak sekali lagi dilatih bertubi-tubi untuk mengingat. Dan latihan ini seterusnya memantapkan sistem otak dalam menangkap sesuatu ke dalam memorinya!
Percayalah dengan cara ini, subjek-subjek anda yang memerlukan hafalan yang tinggi akan menjadi mudah, insyaAllah. Kerana Al-Quran yang dihafaz bukan sekadar memantapkan memori malah mendekatkan kita dengan rahmat Ilahi.
Jadi, jom kita pulun sungguh-sungguh menghafaz Al-Quran. Bersempena dengan Ramadhan yang mulia ini, kita hidupkan dengan bacaan dan hafazan kitab suci ini. Allahuakbar! Walillahil hamd!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar